Sabtu, 18 Desember 2010

Trik Blajar Jitu

Mungkin slama ini kita sering mengalami kesulitan dalam belajar. Saat kita mengalami kesulitan dalam belajar, mungkin anda akan punya pikiran untuk melakukan kegiatan mencontek atau mungkin saja kita hanya belajar saat mau menghadapi ulangan saja. Tapi tau kah anda kalu hal seperti itu hanya akan mengakibatkan kita tidak konsen dalam belajar?

Menurut saya kita akan lebih bisa belajar jika kita mengetahui cara belajar yang baik dan benar. Maka saya akan menyampaikan trik dan cara belajar yang bisa di ikuti oleh kalian semua.
1. Mungkin kita slama ini kl belajar di kelas suka melamun dan mengalami kebetean yang sangat besar, tp jika hal itu terus terjadi, hal itu hanya akan membuat kita tidak mengerti tentang apa yang di jalaskan oleh pengajar kita. Jadi daripada anda bengong dan melamun saja anda lebih baik mencatat yang penting-penting saja, walaupun sedikit tapi catatan itu akan membantu anda suatu saat nanti.

2. Mungkin juga slama blajar kita merasa malu jika akan bertanya sama dosen atau kawan. Tapi jika anda malu seperti itu maka anda tikan akan pernah mengatahui jawaban dari plajaran yang anda tidak mengerti tersebut, maka saya anjurkan agar anda tidak malu tuk bertanya.

3. Banyak dari kita yang saat sampai ruma kita malah melupakan pelajaran yang baru kita pelajari di kelas, tapi taukah anda, jika anda langsung melupakan pelajaran begitu saja maka anda akan sulit untuk mengingatnya kembali, jadi saya anjurkan agar anda menbaca dan memahami kembali apa yang telah anda pelajari di kelas. Dan taukah anda bahwa memahami dan mengerti suatu pelajaran akan lebih baik daripada menghafal.

4. Mungkin slama ini kita hanya akan belajar pada saat hanya mau menghadapi ujian saja, tapi taukah anda kalau hal tersebut hanya akan membuat otak anda stres dan malah membuat anda sulit saat menghadapi ujian. Sebenarnya belajar yang baikitu saat anda baru pulang kuliah atau sekolah karna kita masing mengingat pelajaran yang baru di jelaskan di sekolah. Kalau anda suka belajar malam, sebaiknya anda blajar maksimal sampai jam 9 atau 10 malam, dikarenakan padajam itu otak akan mengalami kelelahan karna kita telah melakukan aktifitas seharian dan sebaiknya anda melanjutkan belajar pagi harinya dan biasakan anda bangun pagi kae=rena otak pada saat pagi hari akan lebih tajam daya ingatnya dari pada mlm hari.

5. Mungkin kita selama ini kalau menghafal selalu persis sama seperti apa yang tertulis di buku, tapi taukah anda kalau itu hanya akan mempersulit anda? Menurut saya dari pada anda menghafal sebaiknya anda mengerti dan memahami dengan mengunakan kalimat karangan anda sendiri, hal itu di karenakan jika kita memahami suatu pelajaran dengan kata-kata atau kalimat kita sendiri, kita akan lebih mudah mengingatnya karena itu hasil pemikiran anda sendiri.

Demikianlah pendapat saya tentang cara belajar yang baik, selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar