Minggu, 28 November 2010

meraup untung dari mujair

         Mungkin telah kita ketahui bahwa di mana-mana setiap orang pasti suka sekali dengan ikan mujair. Bahkan sering sekali kita jumpai di setiap rumah makan pasti selalu ada pilihan menu ber bahan dasarkan ikan mujair. Dengan demikian sudah pasti bahwa permintaan akan mujair untuk wilayah indonesia ini sangat besar. Lalu mengapa peluang ini tidak kita jadikan saja sebagai tempat untuk merauk keuntungan degan membuat perternakan ikan mujair. Ikan mujair selain perawatannya yang mudah, anaknya yang banyak dan membutuhkan pakan yang mudah, bukankan ini menjadi nilai tambah sendiri dari berbisnis ikan mujair ini?


         Tapi sebelum kita membuat perternakan ikan mujair masa sebelumnya kita harus tau dulu bagaimana cara merawat ikan mujair. Dari menyiapkan lahan, memilih indukan, pemijahan sampai melakukan pembesaran.

Langkah-langkah melakukan pembudidayaan ikan.

1.     Menyiapkan lahan atau kolam.
   Hal yang harus diperhatikan dalam menyiapkan kolam yaitu harus berada dekat dengan sumber mata air seperti sungai atau sumber air lainnya. Lalu buatlah kolam atau empang dengan ukuran 3x5m2  dan dengan dalam sekitar 1m. setelah kolam selesai di buat, jangan langsung ditebar dengan dengan benih ikan, tetapi biarkan dulu kolam tergenangi air dalam kurun waktu seminggu sambil diberikan pupuk kandang. Hal ini bertujuan agar kolam penuh dengan plankton-planton yang bertujuan untuk pakan bibit ikan. Setelah itu barulah sebarkan bibit ikan.

2.     Pemberian pakan
    Karna ikan mujair merupakan ikan yang dapat du bilang agresif, maka kita harus memberikan pakan ikan secara 3x sehari yaitu pagi, siang dan sore.

3.     Melakukan pemijahan
    Ikan yang siap sebagai indukan yaitu ikan yang sudah dewasa atau ikan yang berumur sekitar 1 atau 2 thn. Cara membedakan ikan mucair jantan dan betina. Ikan mujair jantan biasanya lebih kecil dan ramping di bandingkan ikan mujair betina. Jika bagian bawah perut ikan mujair jantan ditekan akan mengeluarkan cairan berwarma putih itu yang disebut dengan sel sperma. Tetapi jika betina ketika di tekan perutnya akan mengeluarkan cairan berwarna kuning,dan itu disebut dengan sel telur. Selain itu ikan yang benar-benar siap untuk melakukan pemijahan yaitu jika bagian kelaminnya sudah berwarna agak kemerahan.
    Setelah selesai melakukan seleksi, siapkan kolam yang diberi jaring, hal ini bertujuan agar mudah sewaktu melakukan pengangkatan anakan. Setelah selesai memasang jaring barulah sebar indukan dengan perbandingan 2 banding 3 dan biarkan selama beberapa minggu.
4.     Pembesaran
          Setelalah anakan ikan sudah berumur 2 atau 3 minggu, angkat dan pindahkan kekolam pembesaran da beri makan 3x sehari.



Demikianlah cara membudi dayakan ikan mujair,selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar